Branding Lewat Facebook

f_logo

Facebook (http://www.facebook.com) dikenal sebagai media jejaring sosial yang paling populer saat ini. Dengan lebih dari 400 juta pengguna aktif yang dimilikinya, Facebook merupakan media online yang sangat potensial bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Selain itu, Facebook adalah media online yang sangat efektif untuk membangun loyalitas pelanggan. Memanfaatkan Facebook sebagai bagian dari strategi marketing akan memberikan keuntungan yang besarĀ  dan efeknya jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional.

Di media jejaring sosial seperti Facebook, semua pengguna merupakan satu kesatuan dan saling terkoneksi satu sama lain. Setiap pengguna Facebook bisa saling berinteraksi kapan saja dan dimana saja, entah itu dengan menggunakan perangkat komputer atau telepon genggam yang selalu mereka bawa.

Semua aktivitas yang dilakukan oleh setiap pengguna di Facebook akan diketahui dengan cepat oleh pengguna lain yang terdaftar dalam Friend List-nya. Jadi, bisa dibilang Facebook merupakan jembatan yang menghubungkan setiap orang di seluruh dunia. Mekanisme seperti ini menciptakan interaksi dua arah yang merupakan ciri khas dari Web 2.0.

Bagi pelaku bisnis, Facebook dipandang sebagai peluang yang sangat potensial dan menarik untuk meningkatkan jangkauan pemasaran sekaligus membangun branding yang positif di dunia maya.

Ada 3 (tiga) langkah yang harus Anda lakukan untuk membangun branding lewat Facebook.

Pertama, Anda harus menunjukkan kehadiran Anda di media jejaring sosial dengan membuat Facebook Page (http://www. facebook.com/pages/create.php). Dengan Facebook Page terbukalah kesempatan yang luas untuk berinteraksi dengan pengunjung yang menjadi target pemasaran bisnis.

Langkah kedua yaitu mempromosikan Facebook Page tersebut. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan Facebook Ads (http://www.facebook.com/ads/create), memasang Facebook Like Box (http://developers.facebook.com/plugins) di website Anda, iklan di media cetak atau radio, mencantumkan alamat Facebook Page di kartu nama Anda, maupun promosi dari mulut ke mulut. Pada intinya ajak mereka untuk berkunjung dan bergabung menjadi fans di Facebook Page Anda.

Langkah yang terakhir dan harus dilakukan secara terus-menerus yaitu membangun komunikasi aktif dengan pengunjung Facebook Page Anda. Ini merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan proses marketing.

(Artikel ini dimuat di Rubrik Digital harian Kedaulatan Rakyat tanggal 24 Oktober 2011)

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *